STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Selasa, Februari 08, 2011

Kekurang pedulian dan Kejumudan

Masyarakat yang ada disekitar kita sangat heterogen disamping ada kehomogenitasannya. Ada berbagai keragaman yang ada baik itu berdasarkan agama, gender, ras dan tentu juga tingkat sosial ekonominya.

Didalam komunitas itu biasanya ada pemimpin yang diangkat oleh warganya atau juga dianggap wakil mereka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada disekitarnya. Dikarenakan otoritas yang kurang atau kekurangmampuannya ada banyak masalah yang tidak terselesaikan, atau bahkan suatu masalah dianggap bukan masalah. Atau mungkin saja anggota masyarakat tersebut kurang memperhatikan norma yang ada atau bahkan melanggar etika yang ada dan dia merasa itu bukan permasalahan bagi dia, dan anggapannya apa yang saya lakukan adalah haknya sebagai seorang manusia dan orang lain tidak boleh melanggar privasi tersebut.
Perbedaan yang akan diangkat yaitu sosial dan ekonomi, dimana kalau kita lihat dalam masyarakat ada yang kaya dan ada juga yang kurang berada. Hal ini adalah lumrah, dan yang kurang lumrah adalah apabila yang kaya atau kuat tidak memperhatikan atau tidak berusaha mengentaskan kemiskinan yang ada.

Apabila upaya untuk mengangkat yang miskin sudah dilakukan dan ternyata upaya ini kurang berhasil, dimungkinkan karena berbagai kendala, apakah itu dikarenakan karena kemiskinan yang amat sangat sehingga bantuan yang diberikan baru sebatas membantu kebutuhan atau menyentuh yang pokok saja, kemudian dikarenakan kompleksitas permasalahan yang dimiliki warga miskin ini sendiri yang memang sudah begitu banyak sehingga sangat susah untuk terangkat, dan juga dimungkinkan karena mental yang mereka miliki yang tidak ingin keadaan mereka berubah dan selalu ingin dibantu, dan ketika sekitarnya sudah tidak peduli yang mereka lakukan adalah kriminalitas.

Untuk itulah mari dari diri kita sendiri menjadikan diri pribadi yang tidak bermasalah, dan kalau bisa membantu sebisa kita apapun kemampuan yang dimiliki. Saling membuat tersenyum, keceriaan, keharmonisan diantara kita.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda