STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Jumat, Mei 04, 2007

Tipical Human and Solution

2 hari kemarin aku ngobrol dengan staffku yang mungkin agak susah diatur karena umurnya mungkin lebih tua dari aku, bekas keturunan orang terpandang, dan pengetahuannya yang kurang menurutku.
Setelah ngobrol 2 malem sampai kami tertidur, ini aku inget ketika jaman suka ngobrol sama temen-temen kos di solo yang sering ngobrol sampai tengah malam, dia memang tidak suka bepergian, bertualang sendiri, komunikasi dengan orang lain yang kurang intens, kurang perhatian dengan saudara atau sekitarnya, senang menyendiri, kurang terbuka dengan orang lain sehingga menyebabkan ketika menghadapi permasalahan langkah yang diambil kurang pas, kurang terukur, berbelit-belit dan akhirnya merepotkan dirinya sendiri.

Komunikasi, keberanian, keseriusan, pembelajaran hidup sejak dini memang diperlukan oleh kita yang setiap saat dan waktu selalu berubah situasi, kondisi dan keadaan. Jangan sampai kita tidak siap dengan zaman yang terus dinamis ini, dan kita akhirnya tergilas oleh zaman.

Kita harus mempersiapkan diri menghadapi itu semua, globalisasi, liberalisasi, demokrasi, hak asasi manusia, atau apalah yang bisa digunakan untuk maju berjuang dan berani hidup dengan segala situasi yang ada.

Kekurangan sebenarnya berasal dari diri kita sendiri, makanya Rasul mengingatkan bahwa jihad yang paling besar adalah jihad terhadap diri sendiri mengalahkan, mengelola, hawa nafsu kita sendiri yang sering kali terlepas kendali, bingung, terperosok, terikut dengan sikon yang memang nyata-nyata mengajak kita lepas kontrol dan kendali terhadap diri sendiri, dunia yang serba mengikuti, meniru, menyeragamkan dengan kehendak para setan yang baik berujud maupun tak berujud.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda