STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Selasa, Juni 19, 2007

KEKECEWAAN & AKSI

Kalau kita lihat dan perhatikan di sekitar kita orang-orang Indonesia adalah SDM yang unggul, sudah banyak lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi kita yang dulunya sebagai acuan negara-negara Asia Tenggara Lainnya. Bahkan sekarangpun banyak anak-anak Indonesia yang menjuarai Olimpiade Science atau teknologi lainnya yang diakui dunia.
Banyak negara-negara dari luar menawarkan beasiswa sekaligus tempat kerja nantinya ketika mereka lulus melihat potensi SDM kita.
Tapi karena kurangnya pemanfaatan potensi yang ada itu, karena alasan politik, ekonomi atau kekuasaan menyebabkan SDM kita itu tidak termanfaatkan dengan baik oleh bangsa ini. Malahan SDM-SDM yang jago menjilat, menjual negara yang laku dan berkuasa di negeri ini.
Yang pernah saya denger dari temen2 atau kenalan banyak SDM kita yang mulai lari ke luar negeri juga atau setelah lulus kuliah di LN trus kerja juga disana.

Salah satu kisah saja dari temennya temen seorang lulusan PTN di Yogya sana, orangnya cerdas, pinter ngotak-atik dan kreatif dan pernah kerja di LIPI juga. Tetapi karena melihat sistem di negara kita yang morat-marit ini akhirnya ke luar dan lepas bebas mengembangkan kreasinya sendiri. Pernah juga dia masuk ke kelompok bawah tanah kalau yang paham bagaimana ngotak-atik bisa bikin peledak dengan bahan-bahan sederhana yang bahannya mudah didapat di toko-toko kimia. Tapi sekarang dia sudah sadar dan bebas mengembangkan ilmunya belajar autodidak walau secara materi dirasa menurut kita kurang tetapi dia bisa bebas berpikir, belajar, bekerja untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang banyak.

Kalau orang-orang kecewa tersebut kita kumpulkan di Indonesia ini banyak sekali. Coba aja tanya para mantan orang DI yang pinter-pinter itu, mungkin mereka merasa seperti sepah yang dibuang setelah dimanfaatkan. Dan akumulasi kekecewaan ini bisa menjadi bom tersendiri yang akhirnya menjadi energi yang terbuang untuk sesuatu yang negatif.
Semoga saja tidak dan tidak
Selalu beri manfaat, kembangkan kreatifitas dimana saja berada di bidang apa saja

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda