STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Rabu, Maret 07, 2012

tugas akhir

Di acara mata najwa malem ini menguliti masalah skripsi tyt makin lama bidang ini dibutuhkan oleh mahasiswa dari berbagai level jenjang pendidikan dari S1-s3.


Dijaman lulus kuliah dulu aku pernah terjun di bidang ini, awalnya mmg tdk ada unsur kesengajaan dari awalnya bantu anak kos yg mahasiswa fisika yg indekos ditempat org tuaku utk otak atik data angka anak kuliah di komputer. Akhirnya dikit demi sedikit mulai faham lebih detail Tentang statistika dan faham tentang penelitian dg byk belajar dari jurnal, skripsi dan byk buku acuan.


Pada dasarnya sbg mahasiswa yg pola pikirnya sdh mulai terbangun bisa mengerjakannya tergantung kemauan dan kesabaran nya. Tetapi dikarenakan bbg faktor ada byk sekali mahasiswa yg tdk bisa selesai dikarenakan tugas akhir ini.


Mmg awalnya sulit utk memulai dari mana tetapi kalau kita mau ikut arus kawan yg sudah memulai dari diskusi dg rekan yg sama mengerjakan lama lama nyambung juga terserah pikiran dan kemampuan kita sejauh mana mau mencoba dan terus mencoba. Jangan takut salah dan terus maju walau dosen pembimbing kita anggap spt momok yg ada didepan kita yg siap menyalahkan atau mengoreksi konsep kita. Pola pikir kita utk menafsirkan kemauan dosen mmg agak susah tetapi harus selalu kita coba.

Teman diskusi saya anggap bgt penting agar bisa kita ajak sharing masalah dan pengalaman mereka dalam penyusunan atau dalam kesiapan utk maju ke dosen atau siap ujian.


Kebosanan, semangat mmg kadang menjadi faktor internal yg menjadikan tugas akhir ini mandek dan bahkan macet dlm waktu yg tdk bisa selesai.


Kembali ke usaha penyusunan skripsi  mmg dulu menjadi awal mencari sedikit uang. Setelah sekian lama ikut pengolahan data, dan agak ngerti arah penelitian ada seorang temen yg mengenalkan pd kawan nya utk membantu mengolah data klien nya. Tyt awalnya dari seorang mahasiswi akuntansi yg kesulitan memahami suatu rumus statistika. Memang diperlukan waktu utk memahami nya dengan byk membaca dan mengotak atik angka, setelah ketemu kata kuncinya akhirnya semuanya mudah dan terpecahkan tdk usah membimbing sampe selesai.


Dan akhirnya dari seorang klien bertambah dari mulut ke mulut dan akhirnya keterusan. Tdk hanya mahasiswa ekonomi dari fakultas lainpun terutama yg sosial bermunculan, bahkan pernah mahasiswa s2 pun kesulitan memahami suatu masalah terutama tentang rumus dan statistikanya.


Usaha ini bisa dibilang bisa membantu mahasiswa yg mengalami stag tapi ada juga yg menjadikan alasan utk malas berfikir dan mencari mudahnya terutama mereka yg merasa ada sedikit uang lebih utk lebih cepat selesai. Memang agak abu abu bisa menciptakan sarjana yg instan tetapi juga bisa dibilang sebagai usaha utk memecahkan masalah yg dihadapi mahasiswa tergantung dari seorang mahasiswa sendiri. Kalau memang ada kemauan setelah ketemu kata kuncinya bisa lgs mereka lanjutkan sendiri sampai selesai atau memang ada sebagian yg dikarenakan menganggap sulit menjadikan lebih sulit dan semangat mereka down dan berhenti  dijalan.


Karena faktor tdk semakin menariknya secara finansial dikarenakan klien menganggap suatu masalah yg terpecahkan tersebut dengan nilai yg tidak sepadan dengan waktu dan pikiran yg kita keluarkan akhirnya good bye dengan usaha ini, dan semoga saja mahasiswa kita semakin aktif, mandiri, bersemangat dalam belajar dan jangan takut utk mencoba, tidak ada masalah yg akan selesai kalau kita menghindarinya.


Jangan jadi sarjana instan karena gelar bukan apa apa tetapi semangat dan kemauan lah yg harus kita Senantiasa diasah utk meneruskan hidup dan kehidupan. Hidup tdk datar banyak  aral dan rintangan  sepanjang jalan hidup.


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda