STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Selasa, Oktober 02, 2007

TRANSFORMASI

osAda dilema dalam diri ketika ibadah2 yg kita laksanakan seringkali tidak tertransformasikan ke dalam kehidupan keseharian kita.
Ketika kita melakukan ritual-ritual seperti sholat, puasa, haji, dzikir2 fisikal, baca qur'an kadang kepikiran juga apasih dampak dari ritual2 tersebut dalam kehidupan ini, sudahkah kita saling mengasihi, saling berbagai, saling menyayangi, saling tolong menolong, saling mengingatkan, saling mentarbiyah, saling memberi dan lain2nya. Seharusnya hubungan ilahiyah kita ketika ritual2 tersebut dilaksanakan bisa kita refleksikan secara mendatar dengan sekeliling kita apakah itu sesama manusia, sesama makhluk dan seluruh semesta alam.

Kalau kita mengaca dalam kehidupan kita banyak orang yg sholat, ngaji, haji, tapi korupsi msh jalan, tipu menipu, berpenampilan menggoda, menuruti hawa nafsu, dll.....

Bahkan orang yang mengaku muslimpun banyak yg sudah lupa utk sholat, meninggalkan ngajinya, makan seenaknya walaupun saudara muslim lainnya puasa, mereka lebih baik tidur, cuek saja mendengar adzan, terlena oleh kerjanya, terbawa lingkungannya.

Agama hy jadi simbol saja, lihatlah FBR atau lembaga yg membawa simbol2 muslim tetapi mereka mau ambil jatah PKL yg ngumpulin uang dikit2, menampakkan wajah seram, sangar/simbol kekuatannya apakah macan, kelelawar, akar bahar, pedang, ingin menunjukkan kebesarannya bukan simbol saling kasih sayang, saling tolong menolong.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda