STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Minggu, September 30, 2007

REVIEW THIS WEEK

AL ISRA'
84. Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya[867] masing-masing." Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya

Memang Allah telah mengukur kadar kesanggupan seseorang bagaimana pola pikir yg dia miliki, pengetahuannya, fisiknya, dan seringkali memang keadaan tersebut membatasi diri kita untuk berkemampuan melaksanakan aktivitasnya apakah itu untuk keduniaan atau akhiratnya, Allah telah mengetahuinya dan Allah Maha Tahu dan yang berhak untuk menjudge kebenaran bukannya diri-diri kita yang kadang telah berlaku seperti Tuhan mengatakan ini benar dan tidak benar tanpa memberikan bukti yang nyata dan cara-cara yang hikmah.

89. Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam Al Quran ini tiap-tiap macam perumpamaan, tapi kebanyakan manusia tidak menyukai kecuali mengingkari (nya).

Allah dalam firmannya telah mengulang-ulang dalam kitab-Nya apakah itu ajakan keimanan, ajakan untuk beramal sholeh, ajakan beramar ma’ruf nahi mungkar, ini menandakan memang manusia itu secara fitrah banyak lupa dan salah dan Allah dalam menurunkan firman-Nya tersebut sudah tersistematis dengan sifat-sifat yang dimiliki hambanya.
Untuk itu penting bagi kita untuk selalu mereview, selalu ingat, bermuhasabah, atau mengadakan / mengikuti kajian-kajian minimal dalam 1 minggu dengan hari raya tiap minggunya yaitu hari Jum’at dengan adanya khutbah Jum’at yang selalu mengajak kepada ingat selalu kepada Allah, beriman, beramal sholeh yang isinya selalu mencharge pengetahuan kita akan ajaran-ajaran Allah tersebut.


106. Dan Al Quran itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

Kemampuan manusia memang serba terbatas, perlu tahapan-tahapan untuk menuju menjadi lebih baik, bagian demi bagian, berangsur-angsur agar mampu dipahami oleh hambanya dan untuk itu secara perlahan-lahan kaji dan kemudian amalkan yang telah kita dapat tersebut secara nyata. Kalau kita belajar dari Shirah Nabawiyah Allah menurunkan Al Qur’an kurang lebih 23 tahun dan selalu up date mampu mengatasi segala problema manusia akan hidupnya baik di dunia ini maupun hidup di kemudian harinya.

AGAMA ITU MUDAH UNTUK DIUCAPKAN TETAPI GAMPANG-GAMPANG SUSAH UNTUK DIAMALKAN, KITA TAHU TAPI SERINGKALI MELANGGAR, LUPA, ATAU MELUPAKANNYA DEMI KEINGINAN-KEINGINAN KITA, ENGGAN UNTUK MENGAMALKANNYA, MALAS UNTUK MENGAJARKANNYA, MENJADI BUAH BIBIR ATAU HANYA MENJADI CERITA – CERITA SUCI YANG SELALU DIULANG – ULANG TANPA PELAKSANAAN, MENJADI SESUATU YANG TINGGIKAN DILANGIT DIAWANG-AWANG TANPA KITA BUMIKAN DALAM KEHIDUPAN

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda