STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Kamis, September 20, 2007

MUSHOLA KAMI

nKomunitas mushola kecil ditengah kampung Sidomulyo dengan beberapa gelintir orang penduduk asli yg istiqomah selalu mendatanginya dan jamaah tambahan anak kuliahan yg kost disekitar mushola.

Imam tetap yaitu Almarhum Bapak Qomari, Bp. Syukri Makhin yg sekarangpun sudah terkena penyakit stroke beberapa tahun yang lalu, dan Imam muda sekaligus pemilik Mushola Bp. Abdul Fatah. Diantara mereka bertiga bergantian memberi petuah kepada jamaah walau hanya tujuh menit atau sepuluh menit dan tak lupa kajian subuhan tafsir Al Qur'an atau kitab2 seperti Riyadlusholihinnya. Jadwal kultum isya dan subuh tiap romadhonpun disusun yg diisi bergantian bapak, ibu dan anak muda2 termasuk melibatkan anak2 kost agar ada saling tarbiyah apapun itu ilmunya tak harus ilmu agama yg bisa diajarkan kepada jama'ahnya.

Sedangkan jama'ah tetap yaitu ibu2 sekitar Bu Kardi, Bu Hadi, Bu Syukri, Bu Fatah, Bu Qomari, Bulek Mutik ditambah beberapa anak muda yg kini sudah berkeluarga mengikuti suaminya dik Sari, mbak Ila, Nufus, mbak Lila.

Jama'ah Bapak2 Pak Tukiyo, Pak Jamhuri, dan anak muda mas Bahtiar, Nizar, Muiz skrg di Blora, mas Anhar, Iwan, Lutfi, Andri.

Mushola ini berukuran kecil berisi jama'ah sekitar 20 orangan untuk hariannya, sedangkan pas ramadhon bisa sampai 40an menggunakan pekarangan dan dalam rumah sang shohibul bait. Untuk sholat Jum'at mmg karena mushola tentunya kita menjadi jama'ah di dua Masjid sekitar yaitu Masjid Shopiah atau Masjid Darul Arqom, dan sekarang karena semakin bertambahnya penduduk ada 1 lagi masjid Ahmad Dahlan yg berdiri sekitar setahun yg lalu.

Komunitas tetap ini lumayan bisa menjaga keluarga2 sekitarnya agar tetap istiqomah sholat jama'ah dan tentu saja mendapat ilmu2 tambahan dari kajian rutin dan periodiknya. Pengaruh dari luar yg memang begitu gencar bisa diminimalisir dg kegiatan sholat jama'ah rutin ini. Mushola semakin rame dengan adanya anak kost2an, tetapi sekarang jumlah anak kost sudah berkurang banyak dengan pindahnya anak2 FKIP UNS ke Kentingan.

Sampai sekarangpun masih berjalan walau sudah ada jamaah yg meninggal, sakit, pindah domisili, dan diteruskan generasi muda anak cucu dari keluarga jama'ahnya Dik Fathur, Fian, Nadhif, Hanif, Hima, Inas. Semoga generasi penerus ini istiqomah memakmurkan mushola ini dengan bimbingan dari Allah SWT.

SIDOMULYO MAKAMHAJI KARTASURA SEKELUMIT TETESAN AIR DI DUNIA YG BESAR INI

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda