STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Rabu, Januari 02, 2008

KREATIVITAS DAN PENDIDIKAN

Liburan akhir tahun ini pulang ke Solo liat Banjir yg kok diberita kenceng banget. E ternyata setelah dicek sekalian nganter ibu yang pengin refreshing dan beli obat adalah daerah2 bantaran sungai Bengawan Solo, air di SUngai besar ini memang penuh sehingga air di kota tidak bisa keluar dan mengakibatkan banjir di daerah pinggiran bengawan.
Yang kedua adalah jalan2 ke teman2 yang mungkin tidak sibuk sekalian prospek apa yang bisa dikerjakan dan bisa menghasilkan uang tentunya. Cari ikat pinggang ke Alun2 Utara gak dapet, malah ketemu temen yang buka kios souvenir dan ngobrol2 sambil liat perkembangan usahanya. Dari diskus dan pengamatan ada beberapa saran yang bisa diberikan yaitu tentang promosi produk dan area pasar seni ini yaitu bikin plastik/karton pembungkus agar pembeli bisa mengingat alamat dan kiosnya, kemudian service minuman aqua gelas, dan terakhir karena di area tersebut tidak ada semacam pamflet, baliho atau iklan outdoor yang kalau orang liat atau lewat tahu kalau di daerah tersebut ada tempat penjualan souvenir khas solo, seperti keris, blangkon, beskap, tongkat, batik, dakon, dll, kemudian penerapan strategi spesialis produk yang membedakan dari kios2 lain yaitu dia menerapkan pengkhususan penjualan souvenir2 khas solo semacam hiasan2 saja, bukannya keris, blangkon, beskap yang dijual di banyak kios2 tersebut jadi temen ini bisa mencari niche market (celah pasar).
Inilah pentingnya silaturahmi dan diskusi yg paling tidak bisa memberikan sedikit kemanfaatan dan tentunya memperluas rejeki. Dan juga pentingnya ilmu dengan jalan sekolah apakah itu formal atau informal sehingga seseorang terbuka wacana, kreatifitas dan bertambah pengetahuannya sehingga memiliki value added dibandingkan dengan individu lain di tengah persaingan usaha dan kehidupan. Air pengetahuan memang kalau digali tidak akan habis karena memang ilmu yang dimiliki oleh Allah sangat luas adanya walau ditulis dengan air lautan di seluruh dunia tidak akan pernah habis atau kering.
Di dapat juga pengetahuan tentang dunia percetakan untuk promosi sekarang telah meluas dunia digital printing dimana kita memerlukan media promosi bisa dilakukan dalam waktu cepat dengan hasil yang memuaskan dan dengan biaya yang murah, kalau dengan cetak sablon bisa bisa 2 - 1 minggu tetapi dengan jalan digprint ini bisa 1 jam jadi dan langsung di pasang dan dipergunakan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda