STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Minggu, Juni 24, 2007

KEGAGALAN

Zuhairi Misrawi mengutip Muhammad Arkoun (2007) kemarin di Kompas mencoba menerangkan tentang kegagalan yang secara riil memang dialami oleh bangsa .
Salah satunya adalah kegagalan sistemik yang disebabkan oleh runtuhnya nalar (logika). Salah satu yang menyebabkan tidak berfungsinya nalar karena selama ini pendidikan kita diarahkan bukan untuk mencerdaskan ataupun mengasah nalar kita, bukan pola untuk membentuk pola pikir kita tetapi pendidikan kita tak lebih hanya untuk memenuhi selera pasar, kondisi dan situasi yang diciptakan harus sesuai standar yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga formal.
Sehingga seperti yang pernah dikatakan oleh Muhammad Yunus bahwa sarjana-sarjana atau sekolahan tidak menjadikan kita mencermati realita yang ada di sekitar kita, tetapi hanyalah teori-teori yang jauh dari realita kita sendiri.
Kita menjadi stranger di lingkungan kita sendiri, dan tidak berusaha memperoleh atau menggali kearifan-kearifan lokal yang mampu mengatasi problematika kita sendiri, tetapi kita senantiasa mengadopsi dari luar untuk memecahkan masalah lokal kita.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda