STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Sabtu, November 10, 2007

SYAWALAN

Bulan syawal tinggal 1-2 hari ini adalah bulan yg artinya peningkatan, tentunya meningkat apa yg sudah kita digodog dalam madrasah yg bernama Ramadhan dg byk amalan puasa makan minum dan tentunya hawa nafsu, sholat malam, ngaji, dll.

Kalo di Solo biasanya ada acara Pekan Syawalan dulu di Taman Sriwedari tapi sekarang di Taman Jurug ritual Kratonnya bernama Grebeg Syawal tapi seringnya masyarakat lebih cenderung menikmati acara hiburannya seperti komedi putar, pasar malam, dll kalo saya amati dari luar saja karena gak pernah masuk dan tertarik acara2 gituan. Mungkin aku belum menemukan makna dari Grebeg Syawal dari literatur2 mungkin kalo pas pulang coba hunting di pasar buku kuno di alun2 lor. Tradisi2 tersebut biasanya oleh para tetua kita dimaksudkan utk 7an tertentu yg syarat makna sosial keberagamaan, tapi oleh masyarakat awam dipahami lain dan cenderung menikmati acara hiburannya. Ada Grebeg Mulud, Grebeg Poso, Grebeg Syawal dan Grebeg Besar kayaknya karena dulu pernah bantu temen nyiapin tesisnya tentang grebeg poso (Puasa) hunting buku kuno di perpustakaan Kraton Solo dan Pura Mangkunegaran dan Radya Pustaka di Sriwedari.

Puasa baru 5 hari kurang 1 hari ini mudah2an selesai, tahajudan masih bolong2, kelakuan msh kurang byk berubah, msh byk keragu2an, sholat jama'ah sering ketinggalan krn byk kerjaan dan hrs supervisi staff yg kurang skillnya.
Baca koran saja males, baca buku bulan ini belum ada, walau dah bbp ke gramedia liat2 buku tapi kok belum ada minat pd sebuah bukupun.

Mungkinkah Ramadhan kemarin aku berhasil dg Syawal yg begini???????

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda