STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Rabu, Oktober 31, 2007

TRIP TO MUDIK AND BALEK

Mudik tanggal 10 malam kamis, gak ada persiapan cari tiket bis, kreta ato yg lainnya. Langsung saja cabut dari kost jam 8 malem, sampai sts. jatinegara sudah penuh sesak calon penumpang utk kelas ekonomi dan bisnis ke berbagai tujuan, Kreta tambahanpun juga penuh sesak. Karena memang gak punya tiket cari rombongan mingguan PJKA mungkin saja ada yg pada pulang hari itu jg, E ternyata banyak juga rombongannya dan akhirnya ikutan saja sama bayar arisan 30ribuan. Kreta masuk jam 20.45 akhirnya masuk dan terangkut juga dalam kreta senja utama solo walo dari luar terlihat gak terlalu penuh tyt di dlm begitu padat bahkan sampe toiletpun terisi penumpang dan kita dpt duduk di bordes yg penuh sesak bahkan gak bisa bergerak cukup untuk duduk saja gak bisa selonjoran dan tiduran seperti biasa maklum pas musim lebaran. Kawan perjalanan yg anak-anak muda dan juga wanita ternyata gak pada nyambung utk ngobrol cenderung pada diem saja dan kurang toleran utk berbagi dg penumpang lainnya.
Perjalanan sedikit terganggu karena kerusakan kampas rem dan harus berhenti di beberapa titik tentu saja ini sedikit menguntungkan karena kita bisa keluar dari sesaknya kreta dan menghirup udara bebas di luar sana yg begitu segar. Kreta penuh terus sampai Klatenpun yang biasanya mulai agak lengang setelah jogja tetapi ini lain, sampai di Solo jam 10an agak telat dari jadwal yg biasanya jam 8/9an. Perjalanan mudik bersama grass root 150 ribuan dibayar 30rban penuh, berkeringat, dan riuh rendah.

Perjalanan arus balik ke Jakarta juga tak ada rencana kapan waktunya, hari kamis sore liat ke sts balapan kreta dari Solo biasanya gak begitu banyak sampai bordespun sudah mulai dipenuhi orang utk balik, lihat di loket ada kreta tambahan argo dwipangga tanggal 19-22 dengan tarif penuh 350rb, coba alternatif lain ada kereta eksekutif ke Bandung tarif cuma 200rban dengan kenikmatan yg sama pikirku sekalian saja gambling dan jalan2 ke bandung main dan klo nanti kemaleman tidur aja di stasiun gak masalah. Akhirnya ambil keputusan ambil kreta Lodaya tgl 22 pagi sampai Bandung jam 5 sore. Ternyata perjalanan kreta jalur selatan sangat menyenangkan dg lika-liku pegunungan, jurang di kiri dan kanan pemandangannyapun sangat menarik dibandingkan di jalur utara yang lebih cepat tetapi terlalu crowded jalur kretanya.
Akhirnya sampai juga di Bandung pas maghrib sekalian sholat lalu cari tiket ke Jakarta ternyata masih ada jam 1/2 7 dan 1/2 8nan Parahyangan dan Argo Gede dg tarif 65-75rban utk klas eksekutif, sambil nunggu kreta nikmati suasana bandung di luar stasiun cari2 makanan yg mungkin menarik hati, e ada warung tenda yg model seperti di solo Wedanganya dengan berbagai menu makanan tahu, tempe, bebek, ayam, sate usus, sate ampela ditambah lalapan bisa di goreng dan dibakar kayaknya enak tapi disini minus minumannya gak ada jahe gepuk atau teh tarik, susu jahe dan tentu saja gak ada sego kucingnya. Dicoba ternyata lumayan juga dan pricenyapun gak terlalu mahal cukup terjangkau. Akhirnya naek kreta sampai di Jakarta pukul 1/2 11 malam dengan selamat.

Perbedaan suasana utk kelas bisnis yg biasa kulakukan dg kelas eksekutif ini sangat berbeda sekali, kalau eksekutif memang pelayanannya lumayan tetapi utk keakraban penumpang sangat kaku sekali dg temen sebangku yg satu china asal jawab saja dan gak bisa ngobrol panjang lebar, apalagi temen sebangku dari bandung ibu-ibu berkerudungpun juga begitu asal jawab dan kayaknya gak terlalu menikmati suasana perjalanan cenderung tidur saja gak perhatian kanan kiri bikin keki. Kalo di kelas bisnis banyak cerita dan pengalaman yang kudapat sesama penumpang terutama kalo udah di bordes bisa panjang ceritanya dan dilanjut pertemanan.

May be different class ya ...

PERJALANAN MUDIK DAN BALIK SUKSES DENGAN COST YG LUMAYAN MURAH 30RB + 265 RB TOTAL JENDRAL 295rb belum termasuk jajan dan minumnya paling habis 400rban.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda