STRUGGLE - DINAMIC - EQUALITY - EGALITARY - SOCIAL - RELIGY - WELFARE - LEARN - ECONOMIC - USEFUL

Jumat, November 02, 2007

GENERASI SOLUTIF

Discuss dg temen kost kemarin malem bahwa kita terlalu banyak ide-ide dan juga mengetahui bahwa banyak sekali permasalahan di sekitar kita dan itu seperti lingkaran setan yang tidak ada ujung pangkalnya dari mana mau memulai dan ketemunya. Karena sistem yang sudah terlalu rusak dan kita cenderung menyalahkan keadaan dan kita tidak mampu / belum menemukan pemecahannya.

Seringkali banyak kita denger demo sana-demo sini, kritik sana sini, protes sana sini, tetapi ketika kita diminta untuk mencari solusi apa yang kita kritik tentang permasalahan tersebut kita tidak dapat menjawabnya. Kita tidak belajar bagaimana untuk menganalisa suatu permasalahan dan mencari solusi seperti yang seharusnya sering diajarkan dalam berbagai diskus, atau pelajaran yang kita terima. Ada metode ilmiah yang kita dapat dari metode penelitian, kita belajar ketika membuat karya tulis, skripsi, tesis, disertasi atau tulisan-tulisan lainnya bagaimana mencari masalah, merumuskan tujuan, mencari dasar teorinya, menganalisa data yang telah kita dapat dan menemukan pemecahan masalah tersebut dan akhirnya kitapun dapat menarik kesimpulannya bahkan membuat implikasi dari penelitian kita tersebut. Tetapi karena mungkin kita sudah terlalu sibuk, terlalu banyak permasalahan yg dihadapi dan mungkin cuek dengan keadaan tersebut, ataupun kita sudah settle di bidang yang ditekuni dan berada dalam comfort zone dan menikmatinya semua itu akhirnya hanya menjadi omongan dan perbincangan tanpa ada pemecahan dan solusi yang bisa ditawarkan. Atau bahkan kita menjadi salah satu dari bagian permasalahan yang timbul disekitar kita tersebut.

Untuk itu diperlukan suatu generasi baru yang memiliki disiplin ilmu yang bisa menemukan permasalahan yg ada, menganalisanya dan akhirnya mendapatkan solusi bahkan menjadi solusi bagi suatu case tersebut. Inna ma'al usri yusro setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda